Dunia ke 3

mencoba belajar B.inggris dengan mudah

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Minggu, 01 Mei 2011

Predicate

www.tips-fb.com by RIDHON


Predicate (predikat) mengungkapkan aktivitas yang dilakukan oleh subject kalimat. Predicate terletak setelah subject kalimat.

Penggunaan verbs sebagai predicate

Pada umumnya, predicate berupa verb, baik itu single verb (contoh 1 dan 2) atau verb phrase yaitu sekelompok kata yang diakhiri oleh sebuah verb (contoh 3-6). Oleh karena itu, pola kalimat dalam bahasa Inggris ditulis: Subject + verb + object + modifier.
Contoh :
  1. John drives too fast. (John mengendarai (mobil) dengan terlalu cepat).
  2. They hate spinach. (Mereka benci (sangat tidak suka) bayam).
  3. He will fertilize the soil next week. (Dia akan memupuk tanah itu  minggu depan).
  4. It was raining at six o’clock last night. ((Adalah) sedang hujan pada jam 6 tadi malam).
  5. The farmers are spreading out seeds. (Petani-petani sedang menghambur benih).
  6. My father has gone to the rice field.  (Ayah saya telah pergi ke sawah).

Penggunaan tobe sebagai verb

Jika kalimat tidak menggunakan kata kerja, atau jika subject kalimat diikuti oleh adjective (kata sifat) atau oleh noun (kata benda), maka dalam bahasa Inggris digunakan “to be”, yaitu: “is, am, are” (untuk present tense), ‘was, were’ (untuk past tense), ‘been‘ (untuk perfect tense) dan be untuk future tense. To be ini berfungsi sebagai kata kerja.
Contoh:
  1. This soil was very fertile  some years ago but it is very sterile now. (Tanah ini subur sekali beberapa tahun yang lalu tapi sangat kurus sekarang).Penggunaan to be dalam simple past tesne dan simple present tense
  2. That plant was wilted yesterday but it is fresh now. (tanaman itu layu kemarin tetapi tanaman itu segar sekarang). Penggunaan to be dalam simple past tense.
  3. Yellow-red Podzolic soil is usually acidic. (Tanah polsolic merah kuning  (adalah) biasanya masam). Penggunaan to be dalam simple present tense.
  4. They are deligent farmers. (Mereka adalah petani-petani rajin). Penggunaan to be dalam simple present tense
  5. The organic matter-rich soils are usually black in color (Tanah yang kaya bahan organik biasanya berwarna hitam). Penggunaan to be dalam simple present tense.
  6. Jimmy Carter had been a farmer for years before he became the president of the United States of America. (Jimmy Carter telah menjadi seorang petani selama bertahun-tahun sebelum dia menjadi president USA). Penggunaan to be dalam past perfect tense.
  7. She will be a doctor next year. (Dia akan menjadi seorang dokter tahun depan). Penggunaan to be dalam simple future tense.
  8. Be nice to everyone if you want to get respected by others. (Berbuat baiklah ke  tiap orang jika kamu ingin dihormati oleh orang lain). Penggunaan to be dalam kalimat perintah (command) dalam pola simple present tense.
Yang perlu diperhatikan adalah antara subject dengan predicate harus selalu in agreement. Penggunaan predicate yang salah pada umumnya terjadi jika subject kalimat menggunakan noun phrase yang panjang. Anda harus dapat memahami sampai dimana subjectnya, kemudian anda harus dapat menentukan apakah itu  singular subject atau plural subjec. Hal ini terkait dengan penentuan bentuk verbnya (apakah singular verb atau plural verb) atau bentuk to be yang digunakan. Hal ini dibahas secara khusus pada topik subject-verb agreement.

0 komentar:

Posting Komentar